Minggu, 01 Agustus 2010

Buah mini manfaat maxi




Sebagai buah dengan kandungan vitamin C paling tinggi, kiwi atau Actinidia Chinensis mungkin belum sepopuler buah jeruk. Padahal mengutip data yang dikeluarkan USDA Nutrient Database yang dirilis Maret 2010 lalu, kandungan vitamin C buah kiwi ternyata paling tinggi dibandingkan buah lainnya lho! Sebut saja pepaya, mangga, nanas, pisang dan apel. Bahkan dengan jeruk, kandungannya dua kali lebih tinggi dengan berat buah yang sama.

Lebih dari itu, siapa sangka, buah mini berkulit cokelat yang sekilas mirip dengan buah sawo tersebut memiliki manfaat yang jauh lebih besar dari ukurannya (maxi). Mulai dari mengobati kekurangan antioksidan (vitamin E, karotenoid, flavonoid polifenol dan sebagainya), penyuplai vitamin C, penangkal kanker hingga impotensi. Penasaran? Yuk, simak ulasannya.

Dr. Fiastuti Witjaksono MS Sp GK, ahli nutrisi dan gizi klinik FKUI mengatakan buah yang mempunyai ciri khas kulit berbulu ini dipuja sebagai superfood alias buah yang sarat dengan nilai gizi yang tinggi dan nutrisi dengan antioksidan berefek dahsyat. Kiwi juga diklaim sebagai primadona baru sumber vitamin C. Lebih jauh, kata Fiastuti, buah bernama lain Chinese gooseberry ini mengandung zat anti kanker, rendah kalori, non-kolesterol, mampu menjaga berat badan, serta mencegah sembelit (konstipasi).

Berdasarkan riset yang dilakukan ZESPRI™ health Science Research, vitamin C yang berasal dari kiwi dapat diserap oleh jaringan tubuh lebih cepat daripada yang diduga sebelumnya. Vitamin C terbukti sebagai penjaga daya tahan tubuh dan berfungsi sebagai antioksidan. Seluruh sel dan organ tubuh kita pastinya membutuhkan vitamin C yang tinggi agar bisa berfungsi secara optimal guna menjaga tubuh dari infeksi dan masuknya penyakit.

Vitamin C yang terkandung dalam kiwi ini juga berfungsi sebagai antioksidan untuk membantu mencegah kerusakan sel akibat oksidasi. Proses oksidasi yang mempercepat proses penuaan, penyebab penyakit kanker dan jantung, disebabkan oleh asap rokok, polusi yang tinggi, dan metabolisme yang rendah.

Disamping itu, kiwi juga kaya akan kalium (potassium untuk menjaga kondisi tekanan darah dan jantung), asam folat (untuk mencegah kecacatan pada bayi, baik untuk perkembangan otak, mencegah penyakit kardiovaskular), dan serat serta memiliki indeks glikemik (glycaemic index/ GI) yang rendah sehingga aman untuk para penderita diabetes.

Sedangkan sebagai penangkal kanker, Fiastuti menjelaskan, kiwi secara spesifik mengandung klorofil dan betakaroten dalam daging buahnya serta kandungan antioksidan yang tinggi yang dibutuhkan penderita kanker yang cenderung memiliki kadar antioksidan yang rendah.

Bukan cuma itu, hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Paul La Chence yang dipublikasikan oleh Journal of the American College of Nutrition, menyebutkan bahwa kandungan asam amino arginin dan glutamate dalam buah eksotik ini mampu menurunkan tekanan darah (vasodilator) dan membantu meningkatkan aliran darah serta mencegah terbentuknya plak pada dinding arteri pembuluh darah. Manfaat yang paling penting untuk para pria, asam amino ini juga terbukti mampu mengobati gejala impotensi ringan.

ZESPRI™ Pilihan Terbaik
Marketing Manager ZESPRI™ Internasional untuk wilayah Asia Tenggara dan Asia Selatan, Daniel Mathieson mengatakan di pasaran, buah kiwi bisa kita temukan dengan dua varian yaitu kiwi hijau (ZESPRI™ green kiwifruit) dan kiwi emas (ZESPRI™ gold kiwifruit).

Buah Kiwi ZESPRI™ Selandia Baru yang tersedia di Pasar Indonesia adalah buah Kiwi Hijau ZESPRI™ dengan rasa manis asam tajam kombinasi dari rasa yang menyegarkan, dan buah Kiwi Emas ZESPRI™ mempunyai rasa manis, berkulit halus tidak berbulu, daging keemasan didalam, dan bagian tengah putih dengan biji-biji hitam.

Buah Kiwi Emas ZESPRI™ ini secara khusus telah dikembangkan melalui penelitian yang dijalani oleh ZESPRI™ International, sesuai dengan komitmen ZESPRI™ untuk selalu menyediakan suplai buah kiwi yang berstandar tinggi baik rasa maupun ukurannya. Buah Kiwi ZESPRI™ Selandia Baru adalah buah musiman yang hanya tersedia dari bulan Mei sampai November.

Di Indonesia, Marketing Development Manager ZESPRI™ untuk Indonesia, Yuyuh Sukmana mengatakan tingginya minat konsumen di Indonesia terhadap buah kiwi terbukti dengan peningkatan penjualan hingga dua kali lipat di tahun 2009 dibandingkan tahun 2008. Hal ini mendorong ZESPRI™ untuk mengembangkan hingga ke beberapa kota besar di Indonesia, bukan hanya Jakarta, Bandung Semarang, Yogyakarta, tetapi juga Bali, Surabaya, Medan dan Indonesia Timur.

Agar dapat menikmati buah kiwi secara maksimal, Mathieson menyarankan para konsumen untuk memilih kiwi dengan kualitas terbaik. Caranya, cukup dengan menekan lembut buah kiwi ZESPRI™. Untuk ZESPRI™ green kiwifruit, tekan bagian atas dan bawahnya, sedangkan untuk ZESPRI™ gold kiwifruit, cukup remas seluruh badan buahnya. Buah yang siap makan adalah yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk.

Setelah mendapatkan kiwi dengan kualitas terbaik, Anda tinggal membelah, menyendok daging buahnya dan happ...rasakan manfaat maxi dari buah mini ini!

www.perempuan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar